Kamis, 22 September 2016

Bagaimana Menginstall Domain

Jika sobat perhatikan, pada akhiran alamat-alamat situs ada .com .org .co.id .biz (tau?) itu merupakan identitas domain, ekstensi domain. Domain sendiri adalah NAMA UNIK yang mewakili server yang kita gunakan sebagai identifikasi (misal kita menggunakan server GoDaddy, HostGator dan sejenisnya) yang kita kenal dengan nama situs, seperti NAMA-UNIK.COM.
NAMA-UNIK.COM tersebut biasanya dikelola oleh perorangan atau perusahaan kecil, tanggung jawab untuk mengelolanya pun tidak berbeda-beda seperti .NET atau .ORG atau .CO.ID atau .BIZ yang skala penggunaannya pun besar. Jika kita perhatikan nama-nama tersebut punya benefit tersendiri ketika kita googling, akhiran .org akan lebih mudah dicari ketimbang .com... dan memang ada peraturan internasional yang memprioritaskan nama-nama tersebut dengan tingkat kepentingan yang berbeda-beda. Kurang lebih jadi tau ya, kalau dot com dot org tersebut merupakan sebuah domain.
Di luar itu ada yang kita kenal dengan sebutan CMS (umumnya orang kenal dengan fasilitas untuk buat blog) mungkin kita pernah melihat ada nama-nama situs seperti .blogspot.com , .wordpress.com , .siterubix.com , yang mana .namaini.com merupakan identitas perusahaan yang menyediakan jasa layanan server pihak ke 3 (umum kita dengar 3rd party), nama identitas dari pengguna CMS tersebut selalu mengandung akhiran-akhiran seperti NAMA-UNIK.SITERUBIX.COM.
Hanya untuk nambah wawasan, Blogspot.com adalah milik perusahaan Google (jadi wajar ya kalau nyari sesuatu di google pasti sering ketemu situs yang ada .blogspot.com nya), ada lagi WordPress yang termasuk umum kita kenal diciptakan oleh Matt Mullenweg, dan saya perkenalkan siterubix yang saya pakai ini milik seorang edukator affiliasi bernama Kyle & Carson. 3 Contoh tersebut merupakan CMS, jasa situs gratisan yang dikelola oleh sebuah perusahaan yang saat ini kita kenal di kalangan penulis blog.
Sedikit rumit untuk dimengerti dengan segera? Tapi mulai mengenal kan?
Mau coba bikin? Gratis!
Sekarang, menginstall DOMAIN bukan lagi hal rumit yang harus belajar ilmu IT dulu baru bisa bikin website. Semenjak munculnya CMS tadi, pencarian informasi dan pembuatan situs menjadi semakin mudah bagi masyarakat awam bahkan sangat bersaing di dalam mesin pencarian google. Tinggal mengisi email, password dan data-data diri yang diperlukan, verifikasi, dan langsung bisa digunakan. Praktis, bahkan tutorialnya pun sangat mudah ditemukan dikalangan penulis blog, cukup ketik "Cara membuat blog" jreng! Begitu banyak tutorial untuk membuat sebuah blog gratisan...
Kita bisa belajar banyak hal dari mereka yang lebih dahulu membuat website.
Namun yang mau saya bahas pada kesempatan kali ini, "kalau udah bisa buat blog" lalu mau digunakan untuk apa? Dan... bagaimana caranya?
Biasanya itu hal yang akan terpikirkan dikalangan penulis blog yang sedang membutuhkan pemasukan tambahan atau orang-orang yang lagi ngarep dapetin $1000/bulan, bergulat dan bersaing untuk mendapatkan traffic/pengunjung, monetize situs/menciptakan daya tarik, dan persaingan kualitas lainnya. Tapi cara apa yang paling efektif? ya minimal bisa ngerasain 350ribu rupiah sebulan juga lumayan lha, ya?
Banyak yang ingin menghasilkan uang dari bikin blog, TAPI GAK TAU CARANYA. Saya mau memperkenalkan salah satu CMS yang sengaja disediakan untuk affiliasi, seperti yang saya katakan di atas buatan Kyle & Carson, pemilik perusahaan yang mengelola situs Wealthy Affiliate. Jika sobat pernah coba WordPress, pastinya akan sangat familiar dengan interface yang digunakan (karena memang menggunakan kemasan WordPress.org) termasuk fitur-fitur di dalamnya... hingga berpikir "Kalau gitu sih gampang, tinggal cari informasinya di google... udah banyak" (tapi kalau tersesat jangan salahin siapa-siapa ya) KARENA BUKAN ITU ESENSINYA
Banyak orang yang sok tau, dengan pengetahuan yang ala kadarnya (merasa) sudah tau segalanya. Hmm, saya juga dulu sempat seperti itu koq, tapi saya berubah dan mencoba melakukannya lebih baik dari sebelumnya.
PENASARAN CARANYA GIMANA?
(warning : informasi di dalam Wealthy Affiliate kebanyakan bahasa inggris, tapi tak perlu khawatir karena saya akan berusaha update terus informasinya untuk sobat di blog ini)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sign up for PayPal and start accepting credit card payments instantly.