Minggu, 02 Oktober 2016

Asal Mula Motivasi "Menghasilkan Uang Lewat Blog"

Motivasi berawal dari kata MOTIF, terintegritas karena adanya komitmen, intensitas, ketekunan hingga menjadi sebuah kata baru yang kita kenal, yakni MOTIVASI.
Motivasi di dalam kehidupan, kita rasakan manfaatnya untuk penyemangat, seperti motivasi bisnis untuk mendorong minat bisnis, motivasi kesehatan untuk mendorong minat hidup sehat, dan motivasi lainnya. Namun terkadang kita sendiri masih bingung, sudah ikut motivasi bisnis online sana sini... tapi koq hasilnya masih gitu-gitu aja? Dapetnya recehan melulu...

Motivasi merupakan dorongan terhadap motif yang kita miliki.

Di sini saya akan bahas tentang bagaimana motivasi itu muncul dan menjadi dorongan untuk mencapai motif yang kita inginkan. Motif sendiri bukan sekedar keinginan, pengen beli ini itu, pengen dihargai, pengen dan pengen...
Secara psikologi, motif sendiri tercipta karena adanya kebutuhan seperti Ingin Makan karena Lapar yang ditimbulkan oleh kebutuhan energi dalam tubuh, Ingin Minum karena Haus yang ditimbulkan oleh kebutuhan cairan dalam tubuh, keinginan-keinginan tersebut muncul secara alami.
Kita kenal keinginan tersebut sebagai kebutuhan dasar, yang mendorong diri kita untuk mencari makan, mencari minum untuk memuaskan kebutuhan energi dan cairan tadi. Dorongan yang muncul karena kebutuhan tersebut merupakan insting manusia terhadap kebutuhan dasar makan dan minum, motivasinya jelas... ada dorongan untuk mencari makan dan minum, karena lapar dan haus tadi. Dorongan tersebut kita kenal dengan sebutan MOTIVASI.
Sekarang kita akan bahas dari mana sih asal muasal motivasi bekerja, motivasi mencari uang? Kenapa kita harus mencari uang?
Uang sendiri bukan hal yang utama, namun hal yang penting! Karena kita hidup di perkotaan, di mana segala sesuatu untuk memenuhi kebutuhan diri kita di nilai dengan uang yang kita dapatkan dari bekerja di dalam sebuah perusahaan sendiri, orang tua atau perusahaan orang lain... sudah bukan jamannya mencari makan dan minum dengan berburu seperti yang kita pelajari dalam pengetahuan sejarah peradaban manusia di sekolah.
Karena perkembangan jaman tersebut, maka bekerja adalah sebuah keharusan.
Kira-kira nangkep? Bahwa motivasi bekerja dan mencari uang tadi terjadi karena kebutuhan dasar makan dan minum...
Maka, motivasi bekerja setelah lulus sekolah, lulus kuliah, terjadi karena kemajuan peradaban manusia (bukan karena disuruh bokap/nyokap, bukan karena demi gengsi, bukan karena emang kaya gitu dari dulu, dan alasan lainnya).

Motivasi ada karena manusia memiliki kebutuhan

Jika sudah cukup memahami arti motivasi tadi, langsung saja ya... dari mana asal muasal "Motivasi blogging untuk menghasilkan uang" ? Kenapa begitu banyak orang-orang yang ingin menghasilkan uang lewat blog, kalau searching pun hasilnya jutaan, tapi gak ada bukti jelas kalau mereka benar-benar mendapatkan uang dari blog. MASIH SKEPTIS!
Jika langsung ke akarnya sih udah jelas motivasi tersebut muncul karena kebutuhan dasar makan dan minum, tapi kenapa harus lewat blogging? Bukan kah caranya jauh lebih ribet ketimbang melamar kerja ke perusahaan yang ada di sekitar kita? Harus ngerti Blogging itu sendiri, ngerti sedikit bahasa pemrograman, belajar pendekatan di dalam dunia marketing, belajar socmed, belajar ini itu... yang, jujur kalau menurut saya gak sedikit.
Tapi yakin nih dari hati kamu sendiri mau belajar nyari duit lewat blog?
Sederhana banget alasannya, keinginan untuk mencari uang lewat blog itu muncul karena : (1) Trend, karena teman-teman bisa menghasilkan uang lewat blog, di internet banyak tips dan triknya, maka saya pun ingin bisa!! (2) Tidak puas terhadap pekerjaan yang saat ini dijalani, hingga akhirnya mencoba memulai lewat bisnis online? (3) Tidak diterima di perusahaan-perusahaan sekitar,
(4) ada banyak alasan yang memicu diri kita untuk menghindar... (lho?) ...dari cukup banyak orang yang saya ajak ngobrol seputar blogging, bisnis online, alasannya umum sekali, karena tidak puas dengan pekerjaan offline yang dijalani... (saya pun mengalaminya) mencari pekerjaan sesuai ideal dengan gaji memadai, tempat kerja kondusif, rekan kerja yang membangun, semakin hari semakin sulit karena syarat yang semakin ketat, harus berpengalaman minimal 2 tahun di bidangnya, harus sarjana dengan ipk tinggi, sementara mendengar blogging itu gak butuh wawasan apa-apa... maka antusiaslah kita memasuki dunia tersebut dan terjebak dalam kebingungan. Betul-betul jebakan betmen...
Begitu mencoba, ada 1001 alasan (Nah lho! Lebih banyak dari alasan kita mundur dari pekerjaan kita) gak punya pengetahuan IT, gak ngerti goggle itu apaan, gak ngerti apa itu Monetize, gak ngerti apa itu Niche, gak ngerti pendekatan marketing, kurang paham socmed, jelas-jelas banyak gak taunya.
Jadi, apakah keinginan untuk menghasilkan uang lewat blog bisa disebut motivasi?
Saya hanya mencoba meluruskan apa yang sering keliru (tapi dianggap wajar), kembali ke contoh sebelumnya... motivasi mencari makan dan minum, untuk motif mengisi kebutuhan tubuh kita itu merupakan hal terdasar... jika makanan dan minuman tadi ada di depan meja, mungkin hal tersebut tidak memerlukan dorongan yang besar... cukup melangkah dan menjangkaunya, beres.
Hal tersebut terjadi dari saat kita kecil belum mengerti apa-apa, hanya disuguhkan sesuatu yang instant... gak perlu bekerja, gak perlu belajar, langsung menikmatinya lewat jerih payah bokap-nyokap. Setelah belajar di sekolah, kuliah, jadi sedikit mengerti bagaimana caranya menghasilkan uang...
Itu baru sedikit lho... walau sudah menghabiskan 12 tahun belajar di sekolah dan 4-7 tahun belajar di kampus. Sekali lagi saya mau tanya, apa bener mau menghasilkan uang lewat blog?
Kalau masih belum yakin, coba balik lagi ke awal paragraf : Motivasi berawal dari kata MOTIF, terintegritas karena adanya komitmen, intensitas, ketekunan hingga menjadi sebuah kata baru yang kita kenal, yakni MOTIVASI.
Pendek kata, apa pun yang disebutkan orang-orang itu sebetulnya mungkin terjadi... bukan sekedar motivasi omong kosong belaka. Yang kita perlukan hanya EDUKASI nya (bukan sekedar dorongan), PERLU BELAJAR, bukan hal yang dalam 1 hari langsung terjadi. Maka itu, sekarang juga BUANG JAUH-JAUH keinginan untuk mendapatkan penghasilan online secara instant... MENGHASILKAN UANG LEWAT BLOG PERLU PROSES, bukan sekedar mendengar dan membaca motivasi di sana-sini.
Kalau cuma motivasi belaka, saya juga bisa... kita bisa berpenghasilan lewat blog dengan mengikuti campaign AdSense, Afiliasi produk sendiri / orang lain, jual blog, dll (tapi gak ada edukasinya) tapi... gimana kalau hanya dengan $19, kita bisa belajar banyak hal untuk mengembangkan blog? Mau?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sign up for PayPal and start accepting credit card payments instantly.